Selasa, 01 November 2011

Photo Essay

Topik : Keunggulan dan Inovasi Pembangunan Daerah
Pembangunan di tiap-tiap daerah di Indonesia kini sangat sedikit mengalami peningkatan. Masih banyak wilayah-wilayah yang belum tersentuh program pembangunan pemerintah.  Perenovasian jalan juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pembangunan jalan penghubung antar wilayah sangat penting dilakukan. Karena jika tidak, perekonomian daerah tersebut akan mati. Maka dari itu, pemerintah harus ekstra dalam memerhatikan wilayah yang jalan penghubungnya rusak, dan harus segera diperbaiki. 
Sumber Ganbar                                : http://www.google.co.id/imgres?q=pembangunan+jalan&um=1&hl=id&sa=X&biw=1024&bih=573&tbm=isch&tbnid=ctxKoYhBe0nKdM:&imgrefurl=http://www.skyscrapercity.com/showthread.php%3Ft%3D107188%26page%3D145%26langid%3D5&docid=wc0AEwZSUHmW9M&imgurl=http://farm4.static.flickr.com/3363/3216017997_616c6f979b_o.jpg&w=450&h=300&ei=dsCwTu6iB8fwrQfyxcE6&zoom=1

Topik : Wawasan Kebangsaan dan Kebhinekaan Indonesia
Dalam foto diatas diperlihatkan warga negara Indonesia yang berkumpul dengan menggunakan pakaian adat masing-masing. Meskipun pada gambar diatas didominasi oleh orang-orang dari jawa namun semua tetap bersatu sebagai satu keluarga besar. Dan hal ini menunjukkan bahwa Indonesia sudah memiliki rasa Kebhinekaan yang tinggi. Tetap menjadi satu walau berbeda dan tetap menjadi satu keluarga besar meski ada yang berasal dari suku yang berbeda.
Sumber : http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1255876359024&set=t.1437521619&type=3&theater

Topik     : Peran Mahasiswa Bagi Kemajuan Bangsa
Keadilan !!!... Itulah kata-kata yang keluar dari mulut mahasiswa yang menuntut keadilan kepada pemerintah. Mahasiswa sangat peka terhadap gejala-gejala yang terjadi di pemerintahan. Tragedi 1998, itulah contoh peran mahasiswa sebagai wakil dari rakyat, tidak membela suatu golongan tertentu, mereka ingin Negara Indonesia aman dan maju di berbagai bidang. Selain itu tragedi 1998 adalah suatu bukti  penolakan kepada kebijakan pemerintah yang menurutnya sangat merugikan rakyat kecil.
Sumber Gambar               : http://www.google.co.id/imgres?q=tragedi+1998+di+indonesia&um=1&hl=id&noj=1&tbm=isch&tbnid=hHQuT-3WoNjmNM:&imgrefurl=http://id.wikipedia.org/wiki/Kerusuhan_Mei_1998&docid=p3FP5TEp2uACXM&imgurl=http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/95/May_1998_Trisakti_incident.jpg/220px-May_1998_Trisakti_incident.jpg&w=220&h=151&ei=VMewTujfKYfqrQel49FE&zoom=1&iact=hc&vpx=805&vpy=204&dur=215&hovh=120&hovw=176&tx=98&ty=54&sig=117651278455813340952&page=1&tbnh=117&tbnw=172&start=0&ndsp=16&ved=1t:429,r:15,s:0&biw=1024&bih=573

topik : Pembangunan DaerahPada foto tersebut terlihat bagaimana jalanan yang masih belum diaspal didaerah Tarakan. Memang pemerintah telah merencanakan untuk membangunnya namun recana belum tentu terwujud. Karena itu daripada membangun gedung-gedung besar di Jakarta yang hanya menambah penuh kota lebih baik membangun jalan yang berguna bagi masyarakat banyak. sumber : http://www.tarakankota.go.id/in/Berita_Kota.php?op=tarakan&mid=108

topik      :               Identitas Bangsa
Candi Prambanan, sebuah aset negara yang sangat berharga bagi kita sebagai warga negara Indonesia. Kita sebagai mahasiswa memang sudah seharusnya kita bertugas untuk memajukan bangsa. Namun kita tidak boleh melupakan aset-aset berharga seperti Candi Prambanan. Kita harus melestarikannya jangan sampai Candi Prambanan hilang ditelan kemajuan jaman.
Sumber :

Topik     : Wawasan Kebangsaan dan Kebhinekaan Indonesia
Dari sejak zaman kerajaan, Indonesia adalah wilayah yang kaya akan Sumber Daya Alam, karena terdiri dari gugusan pulau yang sangat besar. Banyak orang-orang dari berbagai belahan dunia lain tertarik dengan Sumber Daya Alam Indonesia yang melimpah. Sebagai Negara kepulauan yang besar, Indonesia kaya akan kebudayaan, karena hampir setiap pulau mimiliki kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan pulau-pulau lainnya. Selain kebudayaan yang beraneka ragam, suku-suku/ras-ras juga beragam. Mulai dari ras asli bangsa Indonesia dan ras pendatang. Walaupun berbeda –beda, Negara Indonesia tetap satu, karena dilandasi dengan Pancasila dan UUD 1945.
Sumber Gambar               : http://technolengk.com/search/wawasan-kebangsaan-yang-pudar/


      
Topik:    Krisis Identitas Bangsa
Bangsa Indonesia kini sedang dilanda berbagai konflik yang berakibat kerusuhan. Kesenjangan social dan kurangnya perhatian pemerintah kepada masyarakatlah inti dari sebab terjadinya konflik. Mulai terlihat imbasnya, kepulauan-kepulauan dan daerah-daerah di Indonesia kini mulai ingin berpisah dari NKRI. Contohnya, OPM (Organisasi Papua Merdeka), yang sekarang sedang terjadi pertempuran antar TNI dengan para OPM yang ingin memisahkan papua bagian barat dari NKRI. Itulah contoh dari imbas minimnya perhatian Pemerintah dengan kepada daerah-daerah yang mungkin jauh dari jangkauan pemerintahan.


 

Topik : Wawasan Kebangsaan dan Kebhinekaan Indonesia

Foto diatas merupakan salah satu cara mengembangkan wawasan kebangsaan dan kebhinekaan Indonesia. Lewat gerakan Pramuka, Para pelajar baik dari SD hingga Mahasiswa dapat belajar menanamkan nilai- nilai Pancasila dalam diri dengan belajar sejarah perjuangan para pahlawan Indonesia, dasar-dasar negara Indonesia, adat serta kebudayaan Indonesia. Gerakan Pramuka juga dapat membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh serta dapat mencetak prestasi yang membanggakan.



 

Topik : Wawasan Kebangsaan dan Kebhinekaan Indonesia

Dalam foto di atas berjajar para pemuda yang sedang merayakan hari sumpah dengan mengucapkan sumpah pemuda secara bersamaan dengan menggunakan pakaian adat yang berbeda-beda. Hal ini dapat menumbuhkan rasa persatuan dan cinta tanah air bagi para pemuda tersebut. Tentunya jika hal ini dilakukan oleh seluruh pemuda di Indonesia, maka suasana hari sumpah pemuda akan sangat terasa sekali.





Topik : Krisis Identitas Bangsa

Foto tersebut merupakan foto para Cosplayer (Costume Player) Indonesia yang sedang merayakan festival kebudayaan Jepang di salah satu Universitas di Jakarta. Menurut saya, apa manfaat dari merayakan festival tersebut yang bukan berasal dari kebudayaan Indonesia? Jika kita melakukan hal tersebut itu berarti sama saja kita mendukung kebudayaan Jepang untuk dilestarikan di Indonesia. Lalu bagaimana dengan kebudayaan Indonesia sendiri? Dewasa ini sangat jarang sekali diadakan festival pakaian adat Indonesia ataupun kesenian daerah asli Indonesia, seandainya ada pun peminat nya masih sangat sedikit, sehingga banyak kebudayaan Indonesia yang ingin di klaim oleh negara tetangga.




Topik : Keunggulan dan Inovasi Pembangunan Daerah

Jembatan Suramadu merupakan jembatan penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Madura. Jembatan tersebut sangat bermanfaat bagi kelancaran pembangunan antara daerah Surabaya dan Madura. Manfaat langsung dari Jembatan Suramadu adalah meningkatnya kelancaran arus lalu lintas atau angkutan barang dan orang. Dengan semakin lancarnya arus lalu lintas berarti menghemat waktu dan biaya. Manfaat selanjutnya adalah merangsang tumbuhnya aktivitas perekonomian. Manfaat langsung lainnya yang dapat diperhitungkan adalah nilai penerimaan dari tarif tol yang diberlakukan. Transportasi barang dan orang yang semakin meningkat, akan meningkatkan penerimaan dari tarif tol.



Topik: Wawasan Kebangsaan dan Kebhinekaan Indonesia

Inilah salahsatu contoh dari penerapan pancasila pada dunia pendidikan. Salahsatu nya yaitu setiap sekolah selalu mengadakan upacara untuk memperingati dan menghargai jasa pahlawan serta selalu diingatkan kepada pancasila. Selain itu pada dunia pendidikan selalu diterapkan jiwa pancasila kepada tiap individu. Hal ini menjadikan tiap pemuda atau penerus bangsa lebih tertanam jiwa pancasila serta mengamalkan nya.

Topik: Wawasan Kebangsaan dan Kebhinekaan Indonesia
Kegiatan diatas bertujuan untuk meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan diluar jam sekolah. Selain itu kegiatan ini juga membuat para pemuda untuk selalu mencintai  dan membela negara nya. Pemerintah juga banyak menerapkan kegiatan-kegiatan positif kepada pemuda melalui lembaga pendididkan. Cara seperti ini efektif untuk membangun sikap pemuda saat ini agar selalu membela bangsa dan negara Indonesia.
Sumber Gambar

Topik: Krisis Identitas Bangsa
Sikap seperti pada gambar diatas ialah mencerminkan buruknya rasa cinta tanah air. Dan jiwa pancasila yang sangat buruk. Pemuda saat ini sangat jauh berbeda dengan pemuda pada saat masa penjajahan dulu. Sekarang mereka sudah tidak lagi mengenal jiwa bangsa mereka sendiri. Sangatlah tidak menunjukkan identitas bangsa Indonesia yang dahulu dikenal sebagai negara yang ramah serta berasal dari berbagai suku bangsa yang dapat saling toleran.
Sumber gambar







Topik: Krisis Identitas Bangsa
Banyak pemuda sekarang tidak mengikuti aturan dari pemerintah. Contoh kecil nya yaitu membolos sekolah pada saat jam pelajaran. Mereka berpacaran diwaktu jam belajar. Sangat ironis memang melihat pemuda saat ini yang tidak mengikuti pendidikan dengan baik. Padahal dulu pendidikan sangat susah dicari. Kasus kecil seperti ini daat berdampak besar bagi negara. Dimulai dari krisis sikap pemuda seperti ini akan berdampak besar terhadap nilai moral negara.
Sumber Gambar: Pribadi
topik : pembangunan daerah
lumpur lapindo, tentu sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar nama itu. foto tersebut adalah foto yang diambil dari atas tanggul lumpur lapindo. Yang bisa dibilang cukup lambat dalam penanganannya.
sumber : sidoharjo
Topik: Wawasan Kebangsaan dan Kebhinekaan Indonesia
Tarian tradisional “Saman” yang berasal dari Aceh merupakan identitas nasional yang dimiliki oleh Negara Indonesia. Selain itu, tarian tradisional merupakan kebudayaan  nasional yang membedakan Indonesia dengan Negara lain. Dan, inilah identitas nasional dari Negara Indonesia yang wajib dijaga.
Sumber: Kompas.com
Topik: Dinamika Politik dan Tantangan Pemerintahan
Organisasi Budi Utomo merupakan peran para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hal ini merupakan wujud mengisi cita- cita kemerdekaan. Dan hal ini adalah hal yang sangat fundamental bagi kemajuan Negara Indonesia.
Sumber: Detik.com
Topik: Peran Mahasiswa Bagi Kemajuan Bangsa
Peranserta mahasiswa dalam mewujudkan rasa cinta tanah airnya adalah belajar dengan sungguh- sungguh. Dan salah satu wujudnya adalah menimba ilmu di luarnegeri. Gambar di atas merupakan peranserta mahasiswa dalam memperjuangkan dan mempertahankan wujud cinta tanah air. Dengan menjadi mahasiswa berprestasi dalam kancah internasional merupakan wujud pengembanan tugas nyata yang diidamkan bagi Negara Indonesia.
Sumber: Okezone.com
Topik: Peran Mahasiswa Bagi Kemajuan Bangsa
Gambar di atas merupakan wujud prestasi anak bangsa yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia. Karena mereka dapat mengharumkan nama bangsa dengan mengikuti kompetisi kejuaraan internasional dalam bidang sains dan hal ini dapat menjadi wujud apresiasi bagi Negara- Negara yang ada di Indonesia tentang citra Negara Indonesia.
Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar